Hotline dan WhatsApp : 087778599696

Lantai Kayu Jati

Lantai kayu jatiLantai kayu jati merupakan salah satu pilihan terbaik untuk lantai parket. Ini dikarenakan kayu jati memiliki karakteristik yang sudah dikenal secara luas, baik itu dari segi umurnya yang relatif tahan lama dan awet, serta tidak berpengaruh terhadap keadaan cuaca yang berubah ubah, kayu jati tetap saja memiliki daya tahan yang sudah terbukti. 

Karena berbagai kelebihan tersebut, membuat kayu jenis ini memiliki harga yang mahal. Lantai parket solid yang menggunakan lantai kayu jati sebagai bahannya memiliki warna yang kebanyakan berwarna coklat muda. 

Dalam keadaan lingkungan sekitar yang lembab dan dingin, kayu jenis biasa mungkin akan langsung berjamur dan membusuk, tetapi lain halnya dengan kayu jati, kayu ini mempunyai ketahanan yang sangat kuat terhadap jamur karena kelembapan. Selain itu serangan hama kayu seperti rayap dan serangga lainnya tidak akan terlalu menganggu karena tekstur kayunya yang tergolong kuat dan awet. 

Lantai kayu jati memiliki tekstur serat yang bagus dan mendukung untuk dijadikan lantai kayu, selain itu untuk finishingnya juga, jati tidak terlalu membutuhkannya, karena kayu jati sudah memiliki lapisan berupa minyak atau lilin yang berfungsi juga sebagai bahan pengawetnya. 

Pemasangan lantai kayu jati ini bisa Anda lakukan sendiri ataupun menyewa jasa, yang biasanya disediakan juga oleh penjual lantai kayunya. 

Berikut adalah 2 cara memasang dengan variasi dan bahan berbeda : 

1.       Memasang langsung di atas lantai yang sudah di aci

Setelah keadaan lantai rumah Anda sudah dilakukan plesteran dan pengacian, maka bisa langsung dipasangkan lantai parket yang sudah disediakan. Lumuri terlebih dahulu alas yang dijadikan tempat penyimpanan lantai kayu jatinya dengan lem kayu, kemudian tempelkan parket solid lantai kayu jati satu persatu. 

Cara ini cepat, tetapi ada kemungkinan kurang ratanya alas membuat lantai parket ikut ikutan menjadi tidak rata karena lantai parket tidak mengenai dasar lantai itu sendiri akibat dari pengacian yang tidak rata.

 2.       Memasang dengan memasang plywood atau triplek terlebih dahulu

Yang satu ini hampir bisa dikatakan sempurna, permukaan lantai bisa rata karena sebelum ditempelkan lantai parketnya, lantai dasar dipasangkan plywood atau multiplek. Multiplek tersebut diberikan lem kayu kemudian dilanjutkan dengan menempelkan lantai kayu jati satu persatu hingga rata. 

Kekurangan cara ini, permukaan dasar muliplek mungkin tidak akan bertahan lama, kurang lebih 5 tahun multiplek tersebut sudah mengalami pelapukan. 

Cara yang terbaik adalah cara yang pertama, karena akan lebih lama dan lebih awet. Walaupun susah, tapi hasil yang didapatkan akan memuaskan. 

Sebaiknya serahkan pemasangan lantai kayu jati ini kepada profesionalnya, Anda hanya diharuskan membayar jasa ini tergantung dari penyedia lantaikayu untuk tiap m2. 

Yang membedakan harganya adalah penggunaan finishingnya, apakah menggunakan bahan POLYURETHANE (PU) atau MELAMINE IMPRA. 

Demikian informasi mengenai keunggulan lantai kayu jati, cara pemasangan serta biaya yang harus disiapkan jika Anda ingin menyewa jasa pemasangan lantai kayu jati ini.